pinjaman uang dana talangan 1 jam langsung terima uang dan bantu proses take over bpkb mobil kredit

April 21, 2017

Resiko bisnis rental mobil serta cara mengatasinya

1 comment :
Resiko bisnis rental mobil sebenarnya ada banyak sekali. Oleh karena itu bagi Anda yang ingin membuka usaha ini, sebaiknya mengetahui risiko apa saja yang mungkin terjadi serta bagaimana cara mengatasinya. Hal ini bertujuan agar bisnis yang Anda jalani bisa lebih baik dan terhindar dari segala macam tindakan kriminal yang tak diinginkan.

Ketika membuka bisnis atau usaha resiko memang akan selalu ada. Maka dari itu, sebagai seorang pengusaha Anda harus mengerti dan memahami hal ini dengan baik. Karena kita tidak bisa menghindar dari resiko bisnis ini maka yang bisa Anda lakukan adalah meminimalisir tingkat resiko yang ada di dalam bisnis Anda.

Dalam usaha rental mobil ada beberapa resiko yang perlu Anda waspadai, mulai dari pencurian mobil oleh oknum penyewa yang tidak bertanggung jawang, penggunaan mobil sewa untuk tindak kejahatan, mobil digadaikan atau dijual ke pihak lain, sewa mobil tidak dibatar, mobil ditinggal ditepi jalan dan tempat lain karena tidak sanggup bayar sewa hingga mobil disewa lebih lama dari perjanjian awal tanpa pemberitahuan.

Jika sudah begitu, pastinya hal ini akan membuat Anda pusing. Namun Anda tak perlu khawatir sebab ada beberapa cara untuk meminimalisir hal tersebut. Apa saja? untuk lebih jelasnya, simak saja ulasan berikut ini.

Cara Meminimalisir Resiko Bisnis Rental Mobil yang Tepat


rental mobil

Memperketat Persyaratan Peminjam Mobil
Yang pertama adalah dengan cara memperketat persyaratan peminjaman mobil. Meskipun banyak pelanggan yang tidak suka dengan aturan yang terlalu ketat, namun Anda tetap harus melakukan hal ini. Dengan begitu Anda bisa mengurangi resiko kejahatan yang ada. Anda tak perlu ragu untuk memberlakukan ketentuan persyaratan yang berlaku. Ketika Anda peminjam mobil, Anda bisa meminta beberapa dokumen asli dari sang penyewa seperti KTP asli peminjam, kartu keluarga, STNK ataupun dokumen penting lainnya.

Baca juga pinjaman uang dengan jaminan bpkb mobil

Menambah Alat Pelacak di Mobil
Cara yang kedua adalah dengan menambah alat pelacak di mobil. Dalam menerapkan cara ini Anda memang harus mengeluarkan dana yang cukup besar, namun dengan adanya alat pelacak ini mobil yang Anda sewakan bisa Anda pantau dan lacak. Anda juga bisa mengetahui lokasi  dan keberadaan mobil yang di bawa oleh penyewa. Sehingga Anda bisa meminimalisie beberapa resiko yang muncul dari tindak oknum yang tidak bertanggung jawab.

Menilai Calon Peminjam
Berikutnya adalah menilai calon peminjam. Ketika ada penyewa mobil datang ke tempat usaha Anda, Anda berhak untuk melakukan penilaian pada mereka. Penilailan yang bisa Anda lihat adalah dari sikap dan tutur katanya. Ketika ada penyewa, jangan lupa pula untuk memberi pertanyaan yang berkaitan dengan tujuan penyewaan mobil.

Dari jawaban yang dilontarkan penyewa pastinya Anda bisa membuat kesimpulan apakan penyewa termasuk dalam kategori beresiko tinggi atau tidak. Nah dari kesimpulan inilah Anda juga bisa memutuskan apakah Anda akan menyewakan mobil atau tidak.

Bekerjasama dengan sesama Pengusaha Rental
Cara meminimalisir resiko bisnis rental mobil selanjutnya adalah dengan bekerjasama dengan sesama pengusaha rental. Jika Anda memilki jaringan usaha pastinya ini akan memberikan banyak manfaat bagi Anda, salah satunya yaitu sebagai bentuk antisipasi pada setiap tindak kejahatan atau kriminalitas yang ada. Perlu Anda ketahui bahwa pada kerjasama ini umumnya asosiasi akan terhubung dengan Polri sebagai pihak berwajib yang akan membantu para anggota asosiasi pengusaha rental mobil.

Administrasi Rental yang Teratur dan Rapi
Berikutnya adalah dengan membuat administrasi rental yang teratur dan rapi. Dengan adanya administrasi usaha ini maka keberadaan mobil yang disewakan akan selalu terkontrol. Staf yang Anda miliki juga bisa membuat Anda lebih tenang karena bisa dipercaya untuk memelihara mobil dan membuat daftar untuk setiap transaksi.

Gunakanlah Supir
Demi kewaspadaan apabila mendapatkan penyewa yang kurang dikenal cobalah untuk memakai supir dari pihak penyedia mobil atau rental Pastikan Anda juga menghindari sistem lepas kunci kepada penyewa.

1 comment :

silahkan tinggalkan pesan anda...terima kasih